Senin, 26 November 2012

Inspirasiku: Hantaran pengantin; Barbie

Diposting oleh amik di MP pada Feb 10, '09 3:19 AM
Pertama ku terinspirasi waktu aku belanja kain di salah satu toko di kotaku. Cara dia ngedisply kainnya dengan membungkus barbie dengan kain jualannya...dan barbie itu jadi terlihat cantik sekali. Wah...begitu ku lihat...keknya caranya gampang nih. ( sayang ku ga punya fasilitas untuk ambil gambarnya saat itu, tapi ingatanku lumayanlah..hehehehe..) 

Begitu ku sampai di rumah..ku beli boneka yang murahan saja...terus ku pakaikan kain yang dah ada untuk bajunya. Alhamdulillah..ternyata ku bisa juga nih bikin.

Lama2 ku bisa asik ngerancang baju sesuka hati..bak perancang busana saja, hehehe... Hanya dengan senjata jarum paku kecil, kardus bekas untuk tempat berdiri boneka (biar terlihat tinggi), glue gun  untuk ngelem boneka di kardusnya, dan sedikit pita dan bunga untuk accesoriesnya.

Awal2 ku bikin boneka itu, ku harus sering2 main ke mbah google yg baik hati. Cari berbie dengan baju2 klasiknya. (lagi2 mbah google membantuku ya...)

Dan inilah hasil dari beberapa kreasiku yang berhasil aku ambil gambarnya.









Aku lebih suka menamainya dengan Putri Rimba. kenapa ku kasih nama itu? Soalnya mereka lebih sering berteman dengan binatang kecil dan bunga2an serta ranting2. Serasa berada di pojok sisi rimba yang berbunga.
   
Tahun2 pertama ku bikin hantaran ga dibantu siapapun. Adikku waktu itu susah banget untuk blajar. Bukan dia ga bisa..tapi ga mau!!

Alhamdulillah di tahun2 terakhir ini, terutama sejak Bapak 'sedo' (meninggal), Imul..adikku mulai berminat untuk belajar..dan ujung2nya dia mulai berekspresi dengan bentuk2 hantaran. Kreasinya lumayan juga.

Setelah itu..ku ingin mengkaderkan ke para ponakans..anak2 dari kakak sepupuku..tapii..mungkin karena masih ABG, jadi mereka masih suka main.

Dan yang bikin ku seneng juga...ternyata hal itu menular ke tetanggaku. Dia tiba2 saja datang n minta gabung untuk ngumpul dan berkreasi..terutama bikin hantaran. Dan inilah hasilnya...bahkan gara2 kreasi barbie ini, dia diklaim sebagai pakarnya barbie oleh mba Acih. Hehehe... Barbie ini ku beri judul " Putri Rimba menanti datangnya Cinta"


Yang bikin ku seneng juga nih, waktu ada tetanggaku yang masih klas 2 SMP, dan dia dikasih tugas untuk bikin semacam pameran semua hasil karya yang pernah mereka bikin. Salut nih ma program para guru. Bikin siswa jadi kreatif. Secara ga sadar mereka belajar bekerja sama untuk menjadi team yang solid. Semacam team EO (Event organizer).

Nah lo..kok ku jadi cerita melebar kesitu ya? Gini...waktu sang guru bilang mereka harus memamerkan hasil karya mereka dengan tampilan menarik, unik dan cantik....lansung saja Benti..tetanggaku yang ABG itu teringat aku... "Tugas mba Amik nih..untuk ngajari aku ngebentuk kain hasil prakarya kita..!!!"

Akhirnya sebagian kain mereka kita bentuk jadi Boneka Panda/kelinci dan sebagian lainnya jadi Barbie... yang bikin ku surprise..ternyata Benti cepet banget belajar bikin barbienya..malah dia mampu berkreasi bikin baju seperti khayalannya.

Lihat boneka yang merah..aku ga kasih tau dia gimana trik bikin lengan pada boneka..eh dia dah bisa bikin sendiri.

Kalau yang dua di bawah ini hasil kreasiku..eh ga semua ding, kalau ga salah ingat..ada nih yang bikinan tetanggaku. Yang dua ini perlu trik lain lagi, karena beda dari biasanya.





Kadang mereka yang pingin ngirit, ga terlalu banyak mengeluarkan uang untuk bayar jasa hantarannya, atau yang emang sudah terlalu banyak kotak hantaran yang dibikin, tapi barang yang mau diserahkan utk pengantin putri masih banyak, membuat aku mencari cara untuk menggabungkan beberapa barang jadi satu bentuk.

Dan biasanya karena itu, perlu tempat yang besar, dan perlu trik kusus agar bentuk ga cepat rusak karena terlalu berat. Barbienya harus berdiri kokoh, dan agar ga doyong hasilnya, kita harus benar benar bisa mengira kira sisi kain mana yang perlu dikaitkan ke boneka dan sisi mana yang perlu dikaitkan ke keranjangnya.


***semoga terinspirasi***

1 komentar: