Senin, 26 November 2012

Kreasi Unik Kertas Koran

Diposting oleh amik di MP pada Apr 24, '08 3:28 AM

Penulis: Rubiyar
Grafis:Ferry Z
Foto :G.G
Penerbit: Trubus Agrisarana
Jl. Trenggilis Tengah I Blok K No. 26 Surabaya
Telp. 031 8418827
Fax. 031 8420728
Redaksi_tas1@yahoo.co.id

Pemasaran :

Jl. Gunung Sahari III/7 Jakarta 10610
tlp.021 4204402, 4255354
fax. 021 4214821

Cetakan I – Surabaya. 2006 

Perpustakan nasional RI: catalog dalam terbitan ( KDT )
A.93 131.2006

Menyulap Koran menjadi rotan.
Keberadaan rotan dan kayu yang ada di hutan semakin berkurang.
Kertas Koran bisa menjadi salah satu bahan pengganti.
Adakalanya kita mesti berfikir harus dikemanakan keras-kertas Koran yang kita miliki. Ditumpuk begitu saja di dalam gudang atau dijual kiloan di pengepul barang loakan?
Barangkali cara kedua adalah jurus praktis untuk membersihkan lingkungan rumah kita agar terbebas dari menumpukan barang bekas ini.
Namun jika anda jeli bukankah memanfaatkan kertas Koran bekas (usai dibaca) menjadi barang atau perabot rumah tangga, selain rumah terbebas dari tumpukan Koran bekas juga akan mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi hingga menambah pendapatan keluarga.
Pada kesempatan ini penulis mengajak pembaca memanafatkan kertas Koran yang dimiliki sebagai bahan kerajinan rumah tangga yang biasanya terbuat dari rotan. Seperti kap lampu, vas bunga, tempat tisu, tempat majalah, keranjang buah dan lain sebagainya. Apalagi dengan keberadaan rotan dan kayu yang ada di hutan semakin berkurang, maka kertas Koran bias menjadi salah satu bahan pengganti.
 
Buku ini kami beli (tepatnya adiku..he..he..) saat sedang jalan2 ke Gramedia di kotaku. Biasa..ini salah satu bahan utk “momong” mba Acih.
Walaupun kami sudah punya buku anyaman dari kertas….Tapi kami rasa perlu juga beli buku ini. Di buku ini kami bisa tau trik memilin agar tidak mudah robek dan putus. Juga cara membuat biji anyamnya….(tali anyam). Dan ternyata mba Acih juga cocok banget dengan buku ini..he..he..


Ini nih..kreasi Rubiyar yang paling ku suka. ( sst..tapi ku belum sempet  bikinnya..he..he..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar