Senin, 26 November 2012

Pagi yang terlalu Awal

Diposting oleh amik di MP pada Dec 5, '08 6:28 AM 
Kadang perasaan cape datang juga...padaku ..juga imul adikku (aku pastikan itu..).
Tapi, itu semua bukan jadi kendala bagi kami, kami berusaha untuk manage waktu kami.

Karena emosi, kejiwaan dan mental juga semangat mba Acih yang ga stabil/naik turun.

Sudah beberapa bulan ini, tidak pada waktu yang terus menerus, tapi tidak tentu.. mba Acih bikin kita teramat sangat cape... sampai kami sempat sakit. Aku yang (Alhamdulillah) jarang sakit, jadi Flu berat sampai demam. Adikku yang dasarnya ga suka makan  dan pernah ada gejala tipes jadi kambuh tipes.

Kebiasaan yang lagi in sekarang pada kejiwaan mba Acih... bangun pagi yang teramat sangat awal, setelah itu dia bisa teriak-teriak  untuk membangunkan kami dengan berbagai cara (sesuai mood mba Acih saat itu).

Tau ga, pagi hari menurut mba Acih itu, jam berapa?

jam 00.01 sudah dianggap pagi oleh mba Acih !!!!

Bener juga sih.. kan jam segitu dah ganti tanggal, artinya..itu sudah awal dari hari. Saatnya berkegiatan...(..saatnya dia mandori adik2nya kerja..hehehe..)

Bagi dia bangun jam segitu bukan masalah..dia kan ga ada tanggungan kerja dan kegiatan di siang harinya, jadi..setelah cape n puas mandori adik2nya kerja, jam 07.00 dah bisa tidur.

Bagi kami, ughhhttt.... capenya... setelah ikutan bangun trus nemani mba Acih ngobrol (mandori ) n berkegiatan :kadang bikin boneka flanel, kadang nyulam dll. Shubuh, gantian ma Imul/adikku untuk sholat n (kadang) baca AL Quran atau nonton Mama & Aa di Indosiar. Seperti biasa, mba Acih Ratunya OMDO, rajin ngingetin kita untuk hal2 baik, tapi dia sendiri ga lakuin, kalau disinggung marah berkepanjangan. (ga rugi bagi kami sih..cuma rada takut juga akibatnya utk mba Acih..dosa ga ya?)

Sekitar jam 05.00 atau 05.30 baru ku ke dapur, masak untuk hari itu. Jam 8 berangkat kerja, tentunya mandi dulu sebelum itu (kadang telat..atau sering?  hehehe..)

Tugasnya Imul, nyetrika n beres2 rumah, sampai jadwal dia ngantar Ifa, ponakanku, bareng mba Acih.

Jam segitu..mba Acih sibuk juga..sibuk mandori aku di dapur..terus ke kamar setrikaan untuk mandori Imul. Cape..tidur...

Yang bisa kami lakukan, berusaha agar mba Acih ga tidur awal (sekitar jam 21.00), harus nemani dia ngobrol atau berkegiatan sampai sekitar jam 24.00. Kami bergantian sepakat utk berbagi tugas itu, sesuai kondisi badan atau mental kami.

Kenapa aku bilang "mental" kami mempengaruhi?
Karena aku sadar, kami senyatanya blm sesabar almarhum ibu kami dulu, kadang emosi kami meledak, saat kami sedang ada masalah dan harus dengerkan ocehan mba Acih yang tanpa henti.

Dalam kondisi apapun mba Acih, sedang senang, jengkel, sensitif (saat pms), merasa paling pintar dll selalu dia wujudkan dengan ngoceh, tentunya dengan gaya menyesuaikan perasaan dia, marah-marah kadang senang sampai nyanyi-nyanyi (dengan nada yg ga karuan), sekedar ngobrol yg harus dijawab, atau nangis saking sedihnya merasa paling tersakiti, paling terkucilkan.

Hal itu bisa terjadi 3 hari berturut-turut, terus hari ke-4 dan seterusnya ganti kebiasaan lagi, kemudian hal itu bisa terjadi lagi berulang terus.

Kita harus tau ciri2nya. Soalnya kebiasaan mba Acih yang lain adalah... GA TIDUR SAMA SEKALI dan harus terus ditemani. Sampai kami harus atur jadwal untuk ga tidur alias ngeRONDA. Untuk atasi hal itu..kami harus bikin dia cape..jadi bisa tidur di malam hari..dengan dampak yang adil juga.. kami juga jadi cape setelah berkegiatan di siang harinya. Makanya, kami bikin dia cape dengan cara yang kami suka, jadi kami menikmati rasa cape itu, yaitu dengan berkarya dan berkarya.

Dan Hari ini (tadi pagi : menurut mba Acih)

Kemarin malam, aku harus selesaikan ngebentuk hantaran agar bisa diambil di besoknya (sore ini). Masih ada seperangkat alat sholat, handuk dan dalaman, kosmetik, satu set baju dan sendal. Kami selesaikan berdua, aku dan tetanggaku (sodara jauh).

Kami pikir mba Acih lagi ceria, bergurau dengan anak didik adikku yg kebetulan main ke rumah (lagi ga ada kelas di rumah). Eh..taunya setelah 5 menit temannya itu pulang, mba Acih langsung tiduran disebelahku, dan COPOT KACA MATA!!

Haduh..bahaya!!! ini kan baru jam 20.00 Kebiasaan kalau jam segitu dah tidur..berarti dia bangun di pagi yang terlalu awal. Aku coba senggol dia, pura-pura minta tolong motongi kertas krep utk hiasan hantaran kosmetik. Tapi ga berhasil. Adikku, Imul yg sedang di mushola aku suruh pulang untuk ngebujuk dia agar bangun, ga berhasil juga.

Hiks.. siap-siap bangun PAGI BENER...

Aku tidur jam 24.00 setelah semua hantaran tinggal finishing (tugasnya imul besok siang), dan Imul sudah tidur jam 21.00 (walau blm ngantuk)

Bener juga...jam 03.00 mba Acih dah bangun. Alhamdulillah, kali ini bangun ga terlalu awal, cukup buat aku untuk tidur, aku bangun/beranjak dari tidur jam 04.00. Aku lihat Imul sedang baca Al Quran, dan mba Acih ku dengar sedang mukul kaleng bekas biskuit keras-keras..untuk membangunkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar