Senin, 26 November 2012

PRAKARYA KERTAS VIII : aku Lihat ada daun semanggi

Diposting oleh amik di MP pada Nov 17, '08 3:19 AM 
Tiap pagi, saat berangkat ke kantor, aku lihat ada daun semanggi di pinggir japak biasa aku lewat. Jadi inget waktu sering ke sawah dulu...Jadi inget PK VIII !!

PK kali ini MENANTANG..!!! Bikin kita jadi tambah ilmu..selain tambah kreasi.. PK yang di gagas oleh mba Dian terasa jadi lebih menantang dan padat isi (ilmu) dengan tema dari  penggagas (mba Dian) dan dari bu moderator yang ditunjuk kali ini, yaitu Mba Arifah. Tema tersebut..."Hari ini Aku Lihat..." dengan penjelasan tema seperti di sini.

Sebelumnya..kita cari tau dulu apa dan bagaimana "semanggi" si unik nan menarik ini..


Semanggi

Semanggi
- sejenis tumbuhan dari golongan paku-pakuan

Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea) yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi.

Morfologi tumbuhan marga ini khas, karena bentuk entalnya yang menyerupai payung yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan. Akibat bentuk daunnya ini, nama "semanggi" dipakai untuk beberapa jenis tumbuhan dikotil yang bersusunan daun serupa, seperti klover.

Semua anggotanya heterospor: memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin. Daun tumbuhan ini (biasanya M. crenata) biasa dijadikan bahan makanan yang dikenal sebagai pecel semanggi, khas dari daerah Surabaya.


 
MARSILEA CRENATA PRESL.

Semak, menjalar, panjang ± 25 cm. Lunak, berupa stolon, hijau kecoklatan. Majemuk, tiap tangkai terdiri dari tiga atau empat helai daun, lonjong, tepi rata, pangkal runcing, panjang ± 2 cm, lebar ± 1 cm, hijau.
Sporocarpia terletak dekat pangkal tangkai daun, lepas/berdiri sendiri, kelopak dua, panjang 3-5 cm, lonjong, hijau, ungu. Serabut, putih kotor.

Kandungan kimia Daun dan batang Marsilea crenata mengandung saponin dan polifenol.

Khasiat Daun dan batang Marsilea crenata berkhasiat untuk peluruh air seni.
Untuk peluruh air seni dipakai ± 25 gram daun dan batang segar Marsilea crenata, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai aimya tinggal setengah, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum dua kali sehari sama banyak pagi dan sore.

 
SEMANGGI GUNUNG

Nama latin: Hydrocotyle sibthorpiodes Lamk.
Nama daerah: Daun asam kecil; Calincing; Mala-mala; Cembicenan
Deskripsi tanaman: Semak menjalar atau merayap, berongga beruas-ruas, ruas yang bersentuhan, dengan tanah keluar akar, warna hijau. Daun bulat, ujung rompang, warna hijau. Bunga kecil keluar di ketiak daun, mahkota bentuk corong, warna kuning keputihan. Buah buni, lonjong, buah muda berwarna hijau, dan buah tua berwarna hitam
Habitat: Tumbuh pada tempat yang terkena sinar matahari atau agak rindang pada dataran rendah hingga ketinggian 3000 m dpl.
Bagian tanaman yang digunakan: Seluruh bagian tumbuhan
Kandungan kimia: Minyak atsiri; Saponin; Zat samak
Nama simplesia: Hydrocotyle sibthorpioidi Herba
Khasiat: Antiinflamasi; Diuretik

Banyak manfaat dari daun semanggi: Daun Semanggi Penurun PanasDaun Semanggi Sembuhkan Penyakit Darah Tinggi , Menyembuhkan Batuk
Semanggi gunung segar 25 g; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari 100 ml. Menyembuhkan Asma ,, Obat mendengkur dan menjadi sesak napas , Rambut rontok , Sakit gigi karena gigi nya berlubang  Sebagai obat kumur  , Makanan Liar yang Dianjurkan untuk Kura-kura Darat Herbivora
Keunikan lengkungan daun itu juga pernah memunculkan sebuah mitos: barang siapa menemukan daun semanggi berlengkung lima dan menempatkannya dalam buku, jadilah ia orang pintar. Sayang, itu cuma mitos.

Semanggi adalah nama kelurahan paling tenggara Kota Solo yang dua sisi wilayahnya berbatasan dengan Pemkab Sukoharjo.
****---***


Di Jakarta, meluncur sedikit ke arah selatan kita akan menemukan jembatan semanggi, dengan melihatnya dari atas kita pasti tahu kenapa jembatan tersebut dinamakan jembatan semanggi karena bentuk dari arsitektur jembatan tersebut mirip dengan daun semanggi



Cara Pengolahan daun Semanggi dapat di lihat di sini. dan juga di JawaPos

Nah..dah tau kan apa dan bagaimana semanggi itu... di PK VIII ini aku bikin kartu semanggi, aku bikin khusus untuk temenku yang suka ijo....
 
Alat dan Bahan:
 

1. kertas ijo tua (tebel) dan kertas HVS ijo muda
2. kertas hias warna kuning kunyit (aku ambil dari kertas pemberian mba Dian di US )
3. lem
4. gunting gerigi dan gunting biasa
5. puncher
6. cutter
7. kertas HVS hijau tua 80gr yang di quilling bentuk tetes air


 

Step 1 :

Gunting kertas tebal ukuran sekitar 20X15 cm, gunting HVS hijau muda ukuran 17X12 cm, lipat masing masing kertas.

Kertas HVS yg sudah di potong dan ditekuk, lobangi dengan puncher sebagai hiasan, kemudian beri lem di lipatannya, tempelkan pada lipatan kertas tebal.

Hasil lipatan seperti ini



Step 2 :
pada sisi muka kartu... di kertas yang tebal, tempeli kertas motif, dan bagian tengahnya dilobangi dengan cutter









Step 3:

susun dan tempel kertas hasil quilling menyerupai semanggi, pada masing2 kotak.

sengaja aku bikin semanggi berdaun empat di kertas yang berlobang..(nempelnya di kertas bagian dalam/HVS ijo muda)

Bukan mau percaya pada mitos..(jangan..dilarang...) tapi biar unik saja...

Untuk mempercantik, bingkai kertas berlobang dengan potongan kertas HVS hijau tua


Step 4:

beri list pada bingkai dengan potongan kertas HVS hijau tua (80gr)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar